MONITORING DATA

KESEPAKATAN PENGGUNAAN SISTEM M&E STBM

1.
Sebelum menggunakan sistem M&E STBM anda harus mengisi formulir Surat Permohonan Pemegang Akun Monev STBM untuk diisi lengkap dan dikirim melalui fax ke (021) 42886822 atau email ke me@stbm-indonesia.org. Surat Permohonan dapat anda download di link berikut SURAT PERMOHONAN.
2.
Sistem M&E STBM untuk tingkat Kabupaten/Kota adalah Sistem Informasi yang digunakan untuk memantau pelaksanaan STBM di seluruh wilayah kabupaten yang bersangkutan dengan kedalaman wilayah tingkat desa.
3.
Sistem M&E STBM hanya dapat digunakan di kabupaten yang bersangkutan saja dan terelasi dengan kode wilayah yang dikeluarkan oleh BPS.
4.
Pengguna dan Penanggung Jawab Sistem M/E STBM ditingkat kabupaten adalah orang yang ditunjuk secara resmi oleh pejabat yang berwewenang di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dan bertanggung jawab terhadap :
a. Penggunaan username dan password untuk masuk dalam Sistem M&E STBM tingkat kabupaten dan tidak membagikan informasi tersebut kepada pihak lain.
b. Pengelolaan dan Pemeliharaan seluruh data yang ada diwilayah seluruh kecamatan di kabupaten yang bersangkutan.
c. Memastikan data dapat ter-update di seluruh wilayah kecamatan/Puskesmas sesuai mekanisme monitoring di Kabupaten/Kota yang bersangkutan.
d. Mengkoordinasikan pengguna ditingkat Kecamatan/Puskesmas/Petugas monitoring dilapangan terkait: teknis dalam melakukan update data; memberikan masukan dalam mekanisme monitoring dengan sistem M&E STBM.
e. Melakukan review secara berkala terhadap penggunaan system, data dan Informasi.
5.
Proses update data melalui SMS dapat dilakukan oleh petugas dari Petugas monitoring lapangan/Sanitarian dengan melakukan registrasi nomor telpon genggam (HP) yang bersangkutan (baik GSM maupun CDMA) di sistem M&E STBM. Beban biaya SMS dikenakan sesuai tarif operator masing-masing. Pengelola website tidak memfasilitasi beban biaya pulsa akibat penggunaan SMS.
6.
Pengelola ditingkat pusat dan provinsi tidak memiliki wewenang untuk melakukan ubah/update/hapus data Kabupaten/Kota, wewenang tersebut hanya dimiliki oleh pengguna tingkat Kabupaten/Kota, sehingga keakuratan data merupakan tanggung jawab Kabupaten/Kota yang bersangkutan.
7.
Apabila terjadi kesalahan sistem, sistem tidak berjalan sebagaimana mestinya, mohon dapat menghubungi Admin Sistem M&E STBM di Sekretariat STBM dengan nomor : (021) 42886822 atau email ke me@stbm-indonesia.org


Setuju dengan ketentuan yang berlaku
Sekretariat STBM Nasional : Direktorat Kesehatan Lingkungan, Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat
Gedung Kementerian Kesehatan Blok C Lantai 7 Ruang 716 - Jl. H.R. Rasuna Said Blok X.5 Kav. 4-9, Kuningan, Jakarta 12950
Telp. (021) 520-1590, Fax: (021) 520-1591, email: sekretariat@stbm-indonesia.org