Editorial

Kondisi geografis wilayah di Indonesia beraneka ragam dengan wilayah pesisir, tanah gambut, pinggir sungai, perbukitan, pegunungan dan sebagainya. Secara otomatis untuk penerapan teknologi dalam berbagai hal terutama untuk teknologi sanitasi dan air minum juga tidak dapat disamakan. Hal inilah yang menyebabkan beberapa wilayah di Indonesia membutuhkan teknologi yang khusus untuk sanitasi dan air minum agar dapat diakses oleh masyarakat di masing-masing wilayah dengan kondisi geografisnya.(selanjutnya)

Pojok Sanitasi

1  2  3  
  • JPS Solusi Jamban Masyarakat Pesisir

    Setiap proses/perubahan yang terjadi di wilayah pesisir memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga memiliki cara pengelolaan yang berbeda-beda. Kehidupan masyarakatnya sangat bergantung pada keaadan pasang surut air laut. Kondisi inilah yang menyulitkan warga sekitar pesisir pantai untuk bisa mengakses fasilitas sanitasi yang layak. JPS ini dapat menjadi salah satu solusi bagi masyarakat pesisir dalam mengakses jamban sederhana yang sehat.

  • MUI - Program Nasional EcoMasjid

    "Orang mukmin itu bagaikan lebah, jika ia makan sesuatu ia makan yang baik, jika ia mengeluarkan sesuatu ia keluarkan yang baik. Dan jika ia hinggap di ranting yang sudah lapukpun, ranting itu tidak dirusaknya." (HR. Tirmizi)

  • WC Model Honai Mengantarkan Desa Manda & Airgaram, Kecamatan Bugi Kabupaten Jayawijaya Menggapai SBS

    Komitmen yang kuat dari masyarakat desa, pemuka adat dan tokoh agama serta penggunaan WC model honai mengantarkan 24 KK Desa Manda dan 19 KK Desa Airgaram sebagai KK yang berperilaku Stop Buang air besar Sembarangan (SBS).

  • Teknologi STBM Ditampilkan Dalam Pameran Gelar TTG 2014

    Pada acara pameran gelar TTG sejumlah teknologi yang dihasilkan oleh anak bangsa di berbagai sektor turut ditampilkan. Sebagai inovasi STBM pilar 2 (Cuci Tangan Pakai Sabun/CTPS), Kran Misuh merupakan inovasi kran cuci tangan yang menarik. Selain itu, ada juga Tippy Tap yang merupakan sebuah inovasi alat CTPS di NTT.

Grafik Capaian Desa ODF

Pengiriman Data Teraktif

Publikasi