Editorial

Dalam rangka upaya peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat di kalangan masyarakat Indonesia, kini sejumlah pihak yang merupakan pelaku pembangunan sanitasi tengah melakukan pengembangan strategi promosi kesehatan terutama di bidang sanitasi dan hygiene di beberapa Provinsi, diantaranya Bali, Semarang, dan Nusa Tenggara Barat.(selanjutnya)

Pojok Sanitasi

1  2  3  
  • RAKORNAS STBM II : Wujudkan Ketersediaan Air Minum dan Sanitasi Layak bagi Masyarakat

    JAKARTA (3-5/9). Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Kementerian Kesehatan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pekerjaan Umum menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional Sanitasi Total Berbasis Masyarakat II (Rakornas STBM) di Hotel Discovery Ancol.

  • Leaflet Pelatihan STBM Terakreditasi

    Kementerian Kesehatan telah mengakreditasi lima kurikulum dan modul pelatihan STBM pada tahun 2013-2014. Terkait dengan penyelenggaraan pelatihan terakreditasi dan manfaat yang bisa didapat, jawaban atas beberapa pertanyaan yang sering muncul, tercantum di leaflet berikut :

  • Kang Hebring, Icon STBM Provinsi Jawa Barat

    Kang Hebring adalah Tokoh Karikatur yang menjadi Ikon STBM dan berfungsi untuk mendekatkan kampanye pada kehidupan keseharian masyarakat. Nama “Hebring” sendiri berarti :hebat, nekat, petakilan, heboh sendiri, juga menggambarkan kedekatan sehingga bisa larut dalam kehidupan masyarakat yang menggemarinya. Pesan cerita Hebring harus universal agar bisa diterima berbagai kalangan, khususnya dilingkungan 3 zona budaya yang ada di Jawa Barat.

  • Optimalkan peran Budayawan dalam memperkuat pesan promosi PHBS

    Workshop Peningkatan Kapasitas Penyusunan Strategi Promosi Perubahan Perilaku Hygiene dan Sanitasi yang dilaksanakan di Provinsi Nusa Tenggara Barat pada April 2014. Salman Faris (budayawan di NTB) bertutur,"Seringkali program yang baik dan bagus, malah dimentahkan oleh cara transformasi dengan masyarakat yang kurang tepat".

  • Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) ke-7 tahun 2014 : Tangan Bersih Generasi Sehat

    Panduan penyelenggaraan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) VII Tahun 2014 disusun sebagai acuan bagi semua pihak yang peduli terhadap sanitasi, khususnya perilaku higienis. Panduan ini memuat rangkaian kegiatan HCTPS, kelompok sasaran dan para pelaku, partisipasi pemerintah pusat dan daerah serta tantangan di masa mendatang.

Grafik Capaian Desa ODF

Pengiriman Data Teraktif

Progres STBM


Publikasi